Senin, 18 Juni 2012

Peradaban Troy



Anda masih ingat film Troy yang dibintangi Brad Pitt? Bagaimana sebenarnya peradaban Troy tersebut?
Awalnya, kota kuno tersebut hanya dianggap sebagai mitos dan khayalan semata, seperti yang digambarkan dalam epic terkenal karya Homer (penyair Yunani kuno). Tetapi, teori tersebut dibantah oleh seorang cendakiawan Inggris, Charles Mc Claren pada 1822 M. Ia berpendapat bahwa Troy kemungkinan besar berada di Turki. Tepatnya, di daerah Hisarlik dekat Darnella, yakni kawasan di laut sempit yang menghubungkan Laut Hitam dan Aegea.

Setelah dilakukan penggalian dikawasan tersebut oleh arkeolog Jerman, Heinrich Schiliemann pada 1871-1873 M, sisa-sisa sebuah kota yang sangat kuno peninggalan reruntuhan peradaban Troy berhasil ditemukan. Ia beserta para krunya juga menemukan harta karun berupa emas dan perak yang disebut sebagai harta karun priam. Temuan harta karun tersebut sesuai dengan legenda Raja Troy yang disebutkan dalam epik karangan Homer.
Di samping itu, 1876 M ia kembali menemukan makam Agamemnon, seorang Raja musuh bangsa Troy di kawasan Mycenae (Yunani). Sedangkan arkeolog Wilhem Dorpfield menyebutkan jika kota tersebut tersusun dari sembilan lapisan sisa-sisa kota. Menurutnya, peradaban tersebut hancur dikarenakan gempa bumi dan air bah dahsyat yang terjadi selama 9 kali berturut-turut. Lalu,setiap orang yang selamat, kembali membangun diatas reruntuhan kota tersebut. Jadi apa yang telah ia temukan adalah peradaban Troy yang keenam.
Menurut para peneliti, masa Troy lima mungkin berassal dari zaman perunggu (sekitar 3000 SM-1900 SM). Namun demikian, hingga saat ini belum ada penjelasan mengenai peradaban Troy tersebut. Hal ini yang pasti, peradaban tersebut mungkin berassal dari zaman es (11.000-10.000 tahun silam). Diambil dari berbagai sumber.

0 masukan:

Poskan Komentar

sebelum berkomentar ada baiknya sobat membaca aturan berikut:
+ harap berkomentar bahasa yang sopan
+ jangan berkomentar yang menyinggung SARA'
+ jangan berkomentar yang berbau pornografi
jika tidak memenuhi ketentuan di atas komentar sobat tidak akan ditampilkan. Terima kasih sebelumnya