Senin, 18 Juni 2012

Keajaiban Syukur



Bersyukur

Rasa Syukur. Anda semua pasti sudah tahu apa itu rasa syukur dan bagaimana anda bisa mempunyai rasa syukur. Mungkin saja anda sekarang sedang bersyukur karena sesuatu yang bahagia datang kepada anda. Atau mungkin sebaliknya, anda sedang dalam keadaan yang tidak menyenangkan karena sesuatu yang buruk baru saja menimpa anda. Yang manapun yang anda alami, anda harus terus membaca artikel ini sampai tuntas karena anda akan tahu Keajaiban yang terdapat dalam Rasa Syukur dan Perasaan Positif lainnya..

Lima menit saja Rasa Syukur dapat mengubah sistem saraf ke keadaan yan tenang. Sebuah studi pada 1995 oleh Dr. Rollin McCraty, Direktur Penelitian di Institut Heart Math di Boulder Creek, California, menemukan bahwa Rasa Syukur saling berhubungan dengan sebuah keadaan fisiologis yang dikenal sebagai resonansi (atau dominasi parasimpatetik) ketika jantung, pernafasan, tekanan darah, berikut irama otak dan bahkan potensi listrik pada kulit tersinkronisasi. Resonansi juga mncul pada saat relaksasi mendalam dan tidur. Dalam keadaan resonansi seluruh tubuh berada dalam keadaan energi yang lebih efisien. Saat kita merasakan emosi yang menimbulkan stress, seperti marah, frustasi, atau khawatir, ritme jantung kita menjadi lebih tak teratur. Saat kita berada dalam keadaan penuh Rasa Syukur, mencintai, dan mengasihi, ritme jantung menjadi koheren dan teratur, menenangkan sistem saraf dan endokrin kita.

McCraty mengukur aktivitas otak tiga puluh orang individu sebelum dan selama keadaan saat mereka secara aktif memusatkan fikiran pada Rasa Syukur. Dia menemukan bahwa ritme jantung dan koherensi alfa meningkat secara signifikan selama periode apresiasi. Dalam sebuah studi menarik lainnya, pemusatan perhatian selama lima belas menit pada Rasa Syukur menimbulkan peningkatan secara langsung dan signifikan dalam tingkat antibodi kekebalan tubuh yang disebut sekretori IgA. Sekretori IgA adalah salah satu cara pertahanan utama tubuh melawan mikroba-mikroba yang menyerang. Setelah satu bulan berlatih Rasa Syukur selama lima belas menit setiap harinya, 30 orang mengalami 100% peningkatan hormon kuat yang menguntungkan bernama dehydroepiandrosterone (DHEA), begitu pula disaat bersamaan, mengalami 30% penurunan hormon stress Kortisol.

Selain itu, Rasa Syukur berkolerasi dengan perilaku sosial positif dan kesehatan. Anda akan lebih empatik, mudah memaafkan, dan suka menolong. Sebuah penelitian menyatakan bahwa Rasa Syukur memperbaiki kehidupan para perawat, mereka yang hidupnya sangat dipenuhi stres karena tanpa memikirkan diri sendiri, mereka membantu orang-orang terkasih yang tergolek sakit.

Sudahkah anda Bersyukur hari ini? Bersyukurlah meskipun itu hanya karena hal-hal kecil seperti mendapat pujian dari teman, atau sekedar mendapatkan diskon dari tempat belanja. Semakin lama anda berlatih bersyukur setiap harinya, semakin Tenang dan Tentram jiwa anda dan semakin sehat tubuh anda. Karena itu, mulailah praktik dengan merasa Bersyukur anda telah membaca artikel sederhana yang bermanfaat ini  :)

0 masukan:

Poskan Komentar

sebelum berkomentar ada baiknya sobat membaca aturan berikut:
+ harap berkomentar bahasa yang sopan
+ jangan berkomentar yang menyinggung SARA'
+ jangan berkomentar yang berbau pornografi
jika tidak memenuhi ketentuan di atas komentar sobat tidak akan ditampilkan. Terima kasih sebelumnya