Senin, 18 Juni 2012

Jika Ponsel Terkena Air


Bila jatuh ke dalam air, ponsel tentu akan mengalami kerusakan, maklum ponsel termasuk perangkat elektronik. 
Bila suatu saat ponsel kita tercebur ke dalam air atau terkena air hujan, maka yang perlu anda ambil adalah:
Mengeluarkan baterai ponsel 

Keringkan ponsel
Gunakan handuk atau kain bertekstur halus. Agar air di dalam ponsel keluar, goyang-goyangkan ponsel anda dengan perlahan. Hindari mengeringkan ponsel dengan menggunakan pengering rambut atau hairdyer karena sirkuit ponsel yang ada di dalam ponsel anda sangat rentan terhadap panas.

Timbun dengan beras
Agak aneh memang, tapi beras memiliki sifat menyerap kelembapan, oleh karena itu menimbun ponsel di dalam beras selama semalam juga dapat membantu menurunkan tingkat kelembapan ponsel anda.

Gunakan alkohol
Anda dapat juga menggunakan alkohol untuk mengeluarkan air dari dalam ponsel karena selain lebih cepat menguap, alkohol juga dapat memaksa air keluar.

Gunakan drybox
Drubox adalah media penyimpanan yang dilengkapi dengan serangkaian alat untuk memastikan kelembapan perangkat yang disimpan di dalamnya terjaga. Dengan menempatkan ponsel adna ke dalam drybox, and adapat mengatur tingkat kelembapan serendah mungkin. Dengan demikian, tingkat kelembapan ponsel anda dapat berkurang secara perlahan.

Bawa ke teknisi
Bila semua usaha sudah anda lakukan, namun ponsel anda belum dapat dinyalakan, mintalah teknisi yang berpengalaman untuk memperbaiki ponsel anda. Utarakan pada teknisi bahwa ponsel anda telah terkena air.

Namun bila anda merasa bisa menanganinya sendiri, cobalah cara berikut ini:

1. Jika ponsel anda sudah telanjur terkena air, lepaskan semua perangkat ponsel dan basuh dengan handuk kering sampai air yang ada di ponsel benar-benar kering.

2. Tunggulah beberapa saat (kira-kira setengah sampai 1 jam), lalu pasang kembali semua perangkat-perangkat yang terlepas dari ponsel dan coba hidupkan. Jika tidak mau juga, sebaiknya lepas baterai dari ponsel untuk menghindari rusaknya komponen-komponen lain.

3. Diamkan ponsel hingga hari berikutnya kemudian pada sore harinya, bentangkan handuk di luar ruangan dan letakkan ponsel bersama baterai di handuk tersebut untuk dikeringkan. Saat hari mulai gelap, angkat kembali ponsel dan bawa ke dalam ruangan. Kegiatan ini bisa diulangi selama beberapa hari.

4. Setelah beberapa hari pengeringan  dengan media sinar matahari,  bisa juga anda menggunakan ‘blow dryer’ dengan suhu yang rendah, dan menempatkannya sekitar 3 inch dari baterai ponsel. Anda bisa melakukannya selama 30 menit.

5. Setelah itu pasang kembali ponsel dengan baterainya dan coba hidupkan. Jika ada cahaya dari sela-sela tombolnya, maka kemungkinan pons

0 masukan:

Poskan Komentar

sebelum berkomentar ada baiknya sobat membaca aturan berikut:
+ harap berkomentar bahasa yang sopan
+ jangan berkomentar yang menyinggung SARA'
+ jangan berkomentar yang berbau pornografi
jika tidak memenuhi ketentuan di atas komentar sobat tidak akan ditampilkan. Terima kasih sebelumnya