Senin, 18 Juni 2012

Memperpanjang Umur baterai


Penggunaan fitur dan aplikasi pada ponsel akan menyebabkan berkurangnya daya baterai. Dengan kondisi ini, pengguna ponsel harus sering mengecas baterai. Sebenarnya anda dapat memperpanjang umur baterai, dengan sedikit perawatan pada baterai tentunya. 
Perlu anda ketahui, umur baterai rata-rata hingga 400 kali charge dan discharge. Nah, bagaimana cara mempanjang pemakaiannya? Jika Anda melakukan pengecasan pada setiap malam, umur baterai anda setidaknya bisa bertahan kurang lebih 12-15 bulan. Jika Anda bisa melakukan pengecasan dua kali seminggu, berarti umur baterai Anda bisa mencapai kurang lebih 2-3 tahun. 
Kesimpulannya, lebih sedikit anda melakukan pengecasan, maka makin lama pula umur baterai.

Inilah cara mudah memperpanjang umur baterai agar tetap awet:

Percepat waktu pengecasan
Kalau bisa, bila anda mengecas baterai sebaiknya ponsel dalam kondisi mati. Tetapi ingat, lakukan hal ini apabila anda benar-benar tidak dalam kondisi menunggu telepon penting.
Jangan berganti-ganti SIM Card
Bila akan mengganti SIM, berarti ponsel harus dimatikan terlebih dulu dan pada awal dihidupkan akan meloading sistem ponsel dan melakukan pencarian sinyal operator. Ini membutuhkan daya baterai yang cukup besar.
Matikan vibrator dan lampu latar
Jika anda berada dalam ruangan yang bisa dipastikan bisa mendengar bunyi dering ponsel dengan jelas, tak ada salahnya anda mematikan vibrator. Begitu pula dengan lampu latar, sebisa mungkin diatur agar tidak aktif pada siang hari.
Jangan menggunakan fitur yang tidak perlu
Fitur ponsel yang makin beragam membuat penggunaan baterainya pun makin boros. Untuk itu, sebisa mungkin tidak menggunakan fitur yang tidak diperlukan, misalnya, mengaktifkan flash kamera pada siang hari atau mengaktifkan bluetooth padahal tidak sedang digunakan.
Hindari ponsel dari benturan dan percikan air
Salah satu sebab baterai boros adalah karena adanya hubung singkat (konsleting). Konsleting ini bisa disebabkan karena ponsel sering jatuh atau terkena cairan. Untuk mengurangi dampak negatifnya, sebaiknya gunakan pelindung.
Pastikan kondisi ponsel di mode GSM
Ponsel 3G pada umumnya memiliki pilihan setting jaringan GSM, dual mode dan 3G only. Bila anda tidak sedang menikmati fasilitas 3G, disarankan untuk menggunakan mode GSM saja. Pengaturan ini ada di pilihan Jaringan.
Jangan biarkan baterai habis
Jika anda jenis baterai ponsel anda adalah Lithium Ion dan Polymer, maka waktu pengecasan baterai sebaiknya tidak menunggu baterai benar-benar habis. Jadi begitu ada peringatan baterai lemah, silahkan langsung dicas.

0 masukan:

Poskan Komentar

sebelum berkomentar ada baiknya sobat membaca aturan berikut:
+ harap berkomentar bahasa yang sopan
+ jangan berkomentar yang menyinggung SARA'
+ jangan berkomentar yang berbau pornografi
jika tidak memenuhi ketentuan di atas komentar sobat tidak akan ditampilkan. Terima kasih sebelumnya