Senin, 18 Juni 2012

Hilangnya Peradaban bangsa Maya


Suku Maya


Suku Maya bearasal dari Amerika Tengah, tepatnya di daerah Semenanjung Yukatan, Meksiko Selatan. Bangsa tersebut hidup sekitar abad ke-3 dan mulai mengalami kemajuan teknologi sekitar abad ke-10 dan ke-11. Bangsa yang memiliki kebudayaan tinggi tersebut memiliki keistimewaan cara berkomunikasi yang unik dengan menggunakan gambar atau simbol yang disebut gylph.

Seiring perkembangan tulisan, bangsa Maya mulai mengenal dan menghitung kalender. Uniknya, kalender bangsa maya dala 1 tahun ada 18 bulan, dan 1 bulannya ada 20 hari, bahkan ada yang berjumlah 5 hari saja. Lalu, yang lebih mengejutkan adalah menurut ramalan kalender suku Maya, planet bumi ini akan musnah dan berakhir (Kiamat / Judgement Day) di tanggal 21 Desember 2012. Namun, hal tersebut masih jadi perdebatan.

Salah satu peninggalan peradaban dan kebudayaan bangsa Maya yang masih dapat dilihat keindahannya adalah Chichen Itza. Di tempat tersebut terdapat beberapa bangunan peninggalan peradaban bangsa Maya, seperti piramida Kukulkan (El Castillo). Piramida tersebut bentuknya unik dan berbeda dengan bentuk piramida di Mesir. Pada piramida El Castillo, di bagian puncaknya terdapat altar atau sebuah balairung yang digunakan untuk ritual dan dikelilingi oleh empat tangga pada sisi-sisinya dengan sembilan puluh satu undakan. Tinggi bangunan piramida tersebut sekitar 24 m dari permukaan tanah. Selain itu, ada juga bangunan yang bernama Al Caracol yang berfungsi untuk mengamati perbintangan.

Tentunya, ketika membayangkan bangunan-bangunan tersebut, sungguh menakjubkan. Dengan cara apa mereka memotong bebatuan berukuran sangat besar tersebut? Bagaimana pula mereka mengangkut bebatuan yang beratnya mencapai puluhan ton jika tidak ditunjang dengan peralatan yang memadai?

Jadi, dapat dikatakan jika konsep bangunan bangsa Maya sudah sangat maju dan canggih. Lalu, apa yang menyebabkan bangsa Maya tiba-tiba menghilang dari peradaban?

0 masukan:

Poskan Komentar

sebelum berkomentar ada baiknya sobat membaca aturan berikut:
+ harap berkomentar bahasa yang sopan
+ jangan berkomentar yang menyinggung SARA'
+ jangan berkomentar yang berbau pornografi
jika tidak memenuhi ketentuan di atas komentar sobat tidak akan ditampilkan. Terima kasih sebelumnya