Rabu, 02 Mei 2012

Naruto's world


Dunia Naruto

peta

Geografi
Naruto tinggal di sebuah benua yang tidak sama dengan benua yang terdapat di bumi. Dalam benua ini terdapat daratan utama dan beberapa kepulauan. Benua tersebut dibagi-bagi secara yuridiksi menjadi beberapa Kuni. Dalam masing-masing Kuni terdapat Sato dan beberapa diantaranya adalah Gakure no Sato. Pemimpin masing-masing Kuni disebut Daimyou.

Dari penamaan Kuni kita mendapatkan informasi bahwa model geografi Naruto adalah berdasarkan Negara Jepang Kuno. Negara Jepang dibagi menjadi beberapa Kuni yang kini disebut prefektur. Di Indonesia wilayah ini setara dengan Provinsi. Dari sini kita bisa membayangkan bahwa sebuah negri dalam dunia Naruto besarnya hanyalah sebesar Provinsi yang ada di Indonesia (Mungkin lebih kecil lagi karena Indonesia adalah negara yang sangat besar secara wilayah). Sato adalah sebutan untuk wilayah yang di Indonesia setara dengan Kelurahan atau Desa untuk sistem pemerintahan di Pulau Jawa, Kita sebut Kelurahan karena beberapa wilayah di Indonesia tidak mengenal Desa dan mempunyai sebutan sendiri untuk wilayah setara Desa. Penyebutan desa dan kota sendiri biasanya di lihat bukan berdasarkan wilayah namun berdasarkan kondisi mata pencaharian penduduknya. Dalam blog ini Kuni dan Sato akan disebut Kuni dan Sato jika merujuk pada nama wilayah geografi tertentu (Misalkan Hi no Kuni dan Konoha no Sato). Kuni dan Sato akan disebut negri dan desa untuk mengganti kata yang tidak merujuk pada nama wilayah (misalnya negri ini atau desa kita).
Dari informasi bahwa masing-masing negri dipimpin oleh seorang Daimyou kita juga mendapat informasi bahwa model pemerintahan masing-masing negri merujuk pada model pemerintahan Jepang Kuno. Di Indonesia, ini mirip dengan pemerintahan Kerajaan Pajang atau Kediri. Ingat bahwa kerajaan tersebut besarnya hanya sebesar Kabupaten/Kotamadya bahkan kecamatan. Inilah sebabnya negri dalam Naruto tidak dipimpin oleh seorang Tenno (yang luas pemerintahannya lebih luas dari Daimyou).
pembagian wilayah
Negri-negri dalam Naruto bersifat kemiliteran. Pusat militer masing-masing negri terdapat pada sebuah Gakure no Sato. Masing-masing Gakure no Sato dipimpin oleh seorang Kage. Dari beberapa negri yang ada, terdapat lima negri yang besar secara militer. Kelima negri tersebut, Gakure no Sato dan Kage nya adalah:
Selain kelima negri besar diatas, terdapat negri-negri menengah yang juga memiliki kekuatan militer. Sebagian militer mereka terpusat di Gakure no Sato dan sebagian bukan. Negri-negri tersebut adalah :
  • Ame no Kuni >> Ame Gakure no Sato
  • Taki no Kuni >> Taki Gakure no Sato
  • Kusa no Kuni >> Kusa Gakure no Sato
  • Ta No Kuni >> Oto Gakure no Sato
  • Kuma no Kuni >> Hoshi Gakure no Sato
  • Yama no Kuni >> Kagerou no Sato
  • Tani no Kuni >> Tani Gakure no Sato
Selain itu terdapat Gakure no Sato yang belum diketahui terletak di Kuni mana seperti :
  • Yu Gakure no Sato
  • Moya Gakure no sato
  • Takumi no Sato
  • Juga ada beberapa lambing dalam ikat kepala ninja yang tak disebutkan dari mana mereka berasal
Juga ada Kuni yang mempunyai kekuatan militer baik ninja ataupun bukan yang belum diketahui Gakure no Sato seperti :
  • Yuki no Kuni
  • Sora no Kuni
Ada pula Kuni-kuni yang pernah disebut sekilas dalam Naruto namun tidak diketahui keberadaan ninja di daerahnya seperti :

0 masukan:

Poskan Komentar

sebelum berkomentar ada baiknya sobat membaca aturan berikut:
+ harap berkomentar bahasa yang sopan
+ jangan berkomentar yang menyinggung SARA'
+ jangan berkomentar yang berbau pornografi
jika tidak memenuhi ketentuan di atas komentar sobat tidak akan ditampilkan. Terima kasih sebelumnya