Minggu, 27 Mei 2012

Tentang Identitas




Banyak orang yang ingin sukses, tetapi hanya kepingin saja, dia malas berjuang menuju kesuksesannya. Apa penyebabnya? Salah satunya adalah masalah identitas. Identitas atau label sangat penting bagi manusia. Manusia yang memiliki label nakal biasanya akan cenderung nakal, manusia yang memiliki identitas pintar cenderung akan pintar, manusia yang memiliki identitas seksi maka cenderung menjaga tubuhnya agar tetap seksi.

Seorang psikolog pernah melakukan test IQ kepada sekelompok anak-anak di sekolah. Dari hasil test diperoleh bahwa anak-anak yang nilai raportnya bagus memang IQ nya cenderung tinggi. Akan tetapi, sang psikolog membalik hasil pengumumannya, yang IQ nya tinggi dibilang rendah, dan yang rendah dibilang tinggi. Ternyata pada semester berikutnya nilai anak-anak yang tinggi jadi menurun, sementara anak-anak yang rendah jadi naik.

Pengumuman tadi bisa dikatakan pemberian identitas kepada anak-anak tadi. Jadi ketika dinilai kamu bodoh (IQ mu rendah) maka anak tadi cenderung tidak sungguh-sungguh, sehingga nilainya jadi rendah betulan. Sedangkan anak-anak yang bodoh (IQ nya rendah) ketika dibilang kamu pandai (IQ mu tinggi) maka nilainya cenderung naik. Jadi hati-hati, identitas lebih penting daripada bakat.

Pada suatu cabang olahraga tertentu, ternyata diketahui bahwa para juara dunianya ternyata lahir pada bulan Januari, bebarapa di antaranya ada yang lahir di bulan Februari. Sedangkan yang lahir di bulan Desember ternyata tidak ada. Beberapa orang beranggapan bahwa zodiac sangatlah berpengaruh. Oh ya? Apakah Zodiac Capricorn berarti paling bagus? Ternyata tidak. Karena Capricorn yang lahir pada akhir Desember tidak demikian. Apa masalahnya? Ternyata adanya identitas.



Secara umum anak kecil prestasinya sangat dipengaruhi oleh usia. Beda beberapa bulan saja sangat berpengaruh terhadap prestasinya. Anak yang berusia 5 tahun dengan yang 4,5 tahun sangat berbeda kemampuannya. Yang 5 tahun kemampuannya lebih bagus dibanding yang 4,5 tahun. Kondisi orang dewasa sangat berbeda. Orang yang usianya 33 tahun dengan 35 tahun kemampuannya tidak jauh berbeda.

Ketika ada perlombaan olahraga untuk anak-anak ternyata ada pembatasan usia. Batas usia biasanya tanggal 31 Desember tahun sekian. Tentu saja anak tertua yang ikut lahirnya di bulan Januari. Karena dia tertua, maka kemungkinan dia juara menjadi lebih besar. Ketika dia juara, maka seumur hidup dia memperoleh identitas sebagai juara, dengan demikian dia sangat mudah untuk mencapai juara berikutnya.

Berbeda dengan anak yang lahir di bulan Desember, dia sudah berada pada kesempatan terakhir ketika usianya belum maksimal. Karena pada kesempatan terakhir dia tidak juara maka dia memperoleh identitas bahwa dirinya tidak berbakat. Identitas ini dibawanya seumur hidupnya. Jadi, hati-hatilah anda memberikan identitas kepada diri anda.

Saya sendiri memberanikan diri memberikan identitas bahwa saya adalah Abdul Malik Amrulloh, orang yang tangguh, sukses, sehat, serta melakukan sesuatu yang diridhoi Allah SWT dan memberikan inspirasi pada orang banyak. Identitas ini akan saya ulang-ulang supaya masuk ke otak bawah sadar saya.

0 masukan:

Poskan Komentar

sebelum berkomentar ada baiknya sobat membaca aturan berikut:
+ harap berkomentar bahasa yang sopan
+ jangan berkomentar yang menyinggung SARA'
+ jangan berkomentar yang berbau pornografi
jika tidak memenuhi ketentuan di atas komentar sobat tidak akan ditampilkan. Terima kasih sebelumnya