Senin, 14 Mei 2012

Mengecek apakah Anti Virus Anda Bekerja


Photobucket
Jika Anda mempunyai anti virus andalah untuk komputer Anda, dan Anda ingin mengetes apakah anti virus andalah Anda tersebut bekerja dengan baik dalam proses penscanningan virus, Anda bisa mencoba menggunakan tips dan trik dengan menggunakan script khusus yang diberikan oleh EICAR (European Institute for Computer Anti virusResearch).


EICAR adalah organisasi yang berbasis di Eropa yang menangani masalah virus dan standarisasi anti virus komputer. Script yang diberikan oleh EICAR adalah standard text yang digunakan oleh vendor-vendor anti virus untuk mendeteksi sebuah virus khususnya oleh EICAR sendiri.

Script yang diberikan oleh EICAR adalah untuk mengetes bekerja atau tidaknya suatu anti virus dalam melakukan proses scanning. Script yang akan digunakan akan terdeteksi sebagai virus oleh anti virus yang bekerja dengan baik, tapi scipt ini sejatinya bukanlah virus namun lebih sebagai alat penguji kepekaan suatu anti virus dan sama sekali tidak membahayakan system komputer Anda.


Langkahnya sebagai berikut:

1. Buka program notepad, lalu copy / pastekan script berikut ke dalam notepad:
X5O!P%@AP[4\PZX54(P^)7CC)7}$EICAR-STANDARD-ANTIVIRUS-TEST-FILE!$H+H*
2. Save dan beri nama dengan akhiran ektensi “.com”.
Contoh = cobavirus.com.
Dan ubah save as type menjadi all files.

Setelah Anda menyimpan scipt ini, lihatlah apakah anti virus Anda secara otomatis langsung dapat mendeteksinya atau tidak? jika tidak, Anda bisa mencoba menscanningnya secara manual. Dan jika anti virus Anda tidak dapat mendeteksinya, berarti anti virus Anda tak bekerja dengan baik dan saya usulkan agar segera mengantinya dengan anti virus yang lain.

0 masukan:

Poskan Komentar

sebelum berkomentar ada baiknya sobat membaca aturan berikut:
+ harap berkomentar bahasa yang sopan
+ jangan berkomentar yang menyinggung SARA'
+ jangan berkomentar yang berbau pornografi
jika tidak memenuhi ketentuan di atas komentar sobat tidak akan ditampilkan. Terima kasih sebelumnya