Jumat, 11 Mei 2012

Gangguan Psikologis Akibat Handphone.


 Jika anda hendak berangkat ke kantor atau sekolah, lalu tiba-tiba di tengah jalan anda menyadari bahwa handphone atau smartphone anda tertinggal di rumah, apa yang akan anda lakukan? Memaksa untuk kembali ke rumah walaupun harus telat? Atau anda membiarkan saja handphone anda di rumah, dan pergi tanpa membawa handphone?

    Jika anda termasuk kategori yang pertama maka harus anda harus mulai waspada. Karena mungkin anda mengidap salah satu jenis kelainan psikologis OCD (Obsessive Compulsive Dissorder), yaitu ‘nomophobia’ atau ‘no mobile phone phobia’, alias ketakutan jika tidak membawa handphone.

    Sebuah perusahaan keamanan di Amerika mengadakan sebuah survey terhadap orang AS, hasilnya sekitar 66 persen responden mengidap ‘nomophobia’. Mereka mengalami ketakutan atau kecemasan jika tidak membawa handphone, hal ini membuat si pengidap selalu memeriksa keberadaan handphonenya hampir setiap saat. Hasil lainnya dari survey tersebut ialah kebanyakan pengidap ‘nomophobia’ ialah wanita. 

    Rumani Durvasula, seorang psikolog klinis dan professor di California State University mengatakan ada beberapa gejala untuk memastikan apakah seseorang mengidap ‘nomophobia’ atau tidak. Ciri pertama, ialah ketakutan dan kecemasan jika anda tidak membawa handphone, hal ini membuat anda selalu mengecek keberadaan handphone anda. Selain itu ketakutan dan kecemasan tersebut akan mengganggu rutinitas dan aktivitas anda sehari-hari. Ciri kedua ialah anda menginstal beberapa aplikasi yang memudahkan anda untuk mencari dan memantau keberadaan handphone anda. Bahkan anda akan mulai mengasuransikan handphone anda.
   
   ‘Nomophobia’ muncul ketika seseorang takut ketinggalan informasi akibat ia tidak membawa handphone. Hal ini berkaitan dengan keberadaan jejaring sosial yang marak dan bisa diakses lewat handphone. Ketakutan ketinggalan informasi atau berita ini akhirnya menimbulkan kepanikan yang membuat kejiwaan seseorang sangat tidak sehat.

   Ada berbagai cara untuk mengatasi ‘nomophobia’, salah satunya ialah memaksakan diri anda menghadapi ketakutan anda, yaitu beraktifitas tanpa handphone. Cobalah untuk meninggalkan handphone anda ketika hendak beraktifitas dan coba redam kegelisahan anda sekuat mungkin.

0 masukan:

Poskan Komentar

sebelum berkomentar ada baiknya sobat membaca aturan berikut:
+ harap berkomentar bahasa yang sopan
+ jangan berkomentar yang menyinggung SARA'
+ jangan berkomentar yang berbau pornografi
jika tidak memenuhi ketentuan di atas komentar sobat tidak akan ditampilkan. Terima kasih sebelumnya