Rabu, 02 Mei 2012

Keunikan Manga dan Anime



Pasti semua tidak asing kan dengan yang namanya manga dan anime ? Kalau sudah dengar kata manga, pasti berpikir sesuatu yang berhubungan dengan Jepang, negara maju saat ini. Manga memang sudah terkenal sebagai jenik komik yang berasal dari Jepang, dan gambar dalam manga juga sangat khas.
Bingung lihat gambar mata disebelah ini ? Gambar mata ini bisa digunakan untuk melambangkan anime, kartun Jepang yang juga tidak kalah terkenal dari manga. Alasannya karena mata semacam gambar disebelah cuma ditemukan pada anime, atau manga. Lho, terus apa bedanya manga dan anime ? Apa lagi yang unik dari manga dan anime ?

Tentang Manga dan Anime
Manga (マンガ) dalam bahasa Jepang berarti gambar yang aneh/unik. Memang ada benarnya, karena menurut Kelpo, teknik gambar di manga berbeda dengan kartun dari luar Jepang. Selain itu, manga itu selalu berwarna hitam dan putih, dan selalu komik atau kartun kertas, tapi sekarang orang baca manga di internet sih, hehe
Ada dua jenis manga, shounen dan shoujo. Ada yang pernah dengar ga, Shonen Jump ? Shonen Jump adalah majalah Amerika yang menerbitkan beberapa manga, yang terkenal adalah Naruto, OnePiece, dan Bleach. Apa sih artinya Shonen ? Shonen adalah manga yang biasanya bertokoh utama laki-laki. Aliran manga cowok ini biasanya mengandung cerita action dan ceritanya lebih rumit. Contohnya adalah Naruto. Berbeda dengan shoujo, yaitu komik perempuan yang ceritanya biasanya lebih ringan dan halus. 
Anime adalah film animasi Jepang. Biasanya, anime itu versi film dari manga. Gambarnya juga sangat khas, dan serupa dengan manga, tetapi biasanya setiap penulis anime membuat gaya menggambar yang unik dan berbeda, meskipun tetap khas dibandingkan dengan kartun luar.

Berbeda dengan film kartun luar Jepang, yang biasanya dibuat untuk menghibur dan mempunyai bobot cerita yang ringan (Lihat saja Tom and Jerry), cerita dalam anime lebih komplex dan berat, mirip seperti manga.

Perbedaan utama antara anime dan manga adalah jenis medianya, manga diterbitkan dalam bentuk buku komik, sedangkan anime ditayangkan di televisi.

Keunikan Manga dan Anime
Selain gaya menggambarnya yang unik, alur cerita serta tokoh-tokoh manga dan anime juga unik abis ! Hal ini dikarenakan kreativitas penulis manga dan anime yang sangat tinggi, sampai orang Indonesia ada yang menjiplak Naruto. Mengapa mereka kreatif ? Mungkin mereka terinspirasi dari budaya Jepang, lihat saja biju, sembilan monster beekor di film Naruto. Biju itu sebenarnya berasal dari legenda sembilan monster beekor dari Jepang. Jepang memang kaya dengan budaya-budaya unik ...

Popularitas Manga dan Anime
Popularitas manga dan anime sudah sangat tinggi, terbukti dengan banyaknya website tentang manga dan anime, termasuk blog ini. Kalau kita menggambar manga dihadapan orang barat, mereka pasti bertanya "Is that Manga ?"

0 masukan:

Poskan Komentar

sebelum berkomentar ada baiknya sobat membaca aturan berikut:
+ harap berkomentar bahasa yang sopan
+ jangan berkomentar yang menyinggung SARA'
+ jangan berkomentar yang berbau pornografi
jika tidak memenuhi ketentuan di atas komentar sobat tidak akan ditampilkan. Terima kasih sebelumnya