Jumat, 13 April 2012

SMS Jawaban Beredar, Soal UN Dijaga Ketat


Aparat kepolisian akan melakukan pengamanan menjelang Ujian Nasional siswa Sekolah Menengah Atas yang akan dilaksanakan pada awal pekan depan, Senin 16 April 2012. Terutama distribusi soal yang mulai dilakukan Sabtu ini.

"Kepolisian akan menjaga proses distribusi percetakan dan penyimpanan soal," ujar Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Rikwanto saat ditemui VIVAnews, Jumat.Untuk memastikan keamanan dan kerahasiaan soal-soal ujian, dia menambahkan, pihak kepolisian juga memegang kunci-kunci tempat penyimpanan selain panitia UN. "Penjagaan akan dilakukan di Polsek," ujarnya.

Menurut Rikwanto, kebocoran soal ujian belum tentu menjadi tanggung jawab pihak kepolisian. "Kebocoran bisa terjadi saat distribusi dan penyimpanan. Siapa yang temukan, jika ada fakta dan mereka kompeten di bidangnya dapat melapor ke polisi,"

Meski demikian, dia mengaku belum tahu jumlah personel pasti yang akan mengamankan jalannya ujian nasional ini. "Karena kita masih menunggu adanya permintaan," tuturnya.

Di Bandung, jajaran kepolisian memastikan siap mengamankan dan mengawal soal UN hingga ke sekolah-sekolah.

"Kami sudah buat rencana pengamanan untuk UN Senin nanti, sasarannya adalah distribusi dan kemungkinan penggandaan, jangan sampai ada kebocoran atau pun keterlambatan," kata Kapolrestabes Bandung Kombes Pol Abdul Rakhman Baso.

Pengamanan yang dilakukan polisi tetap berdasarkan koordinasi dengan Dinas Pendidikan dan Pemerintah Kota Bandung agar pengamanan sesuai dengan kebutuhan.

"Kami akan kawal dengan personel polisi, tapi itu semua sesuai dengan koordinasi Dinas Pendidikan dan Pemkot," tuturnya.

Anggota Polrestabes juga akan disiagakan di setiap sekolah. Penyiagaan personel di sekolah-sekolah akan disesuaikan dengan kondisi lapangan yang ada. " Pola pengamanannya bagaimana dan seperti apa, itu dilakukan situasional. Sekitar 2 personel satu sekolahnya," paparnya.

Pihak Polrestabes juga akan memaksimalkan pengamanan di luar sekolah, karena dikhawatirkan akan berdampak secara psikologis kepada siswa peserta UN.

" Kita akan fokus pengamanan, dan petugas juga akan dimaksimalkan untuk tidak mencolok berada di sekolah, karena dikhawatirkan mengganggu psikologis siswa," pungkas Kapolrestabes.

Di Jawa Barat, UN yang bakal berlangsung tanggal 16-19 April 2012 akan diikuti lebih dari 375 ribu siswa.

Di Daerah Istimewa Yogyakarta, UN akan diikuti sebanyak 42.472 peserta ujian nasional tingkat SMA-SMK sederajat. Dari jumlah peserta ujian nasional tersebut sebanyak 18.856 adalah pelajar SMA dan SMK sebanyak 23.616.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi DIY Baskoro mengatakan terdapat juga peserta UN yang merupakan siswa inklusi yaitu sebanyak 7 siswa. Sedangkan siswa yang harus mengikuti ujian dengan mengerjakan soal huruf braile sebanyak 1 siswa.

Baskoro menambahkanal soal UN akan didistribusikan Sabtu ke 29 pokja kabupaten-kota dan sekolah akan mengambil soal ujian pada hari pelaksanaan UN.

Menjelang pelaksanaan UN tingkat SMA dan SMK, di Bekasi beredar SMS berisi bocoran kunci jawaban. SMS diterima warga secara berantai. Khawatir bisa memecah konsentrasi siswa pada saat UN, DPRD Kota Bekasi mendesak Dinas Pendidikan setempat untuk turun tangan.

“Dinas Pendidikan harus segera turun tangan mengecek itu. Beri pemahaman, supaya siswa tidak pecah konsentrasinya karena isi SMS
tersebut,” ujar Anggota Komisi D DPRD Kota Bekasi, Sardi Effendi.

DPRD Kota Bekasi, lanjut Sardi juga mengimbau, agar siswa yang menjadi peserta UN untuk tidak percaya terhadap isi SMS yang tidak jelas asal-usulnya tersebut. “Saya harap siswa ataupun siswi tidak terpengaruh,” katanya. “Perlu diketahui bahwa UN tahun ini bukan penentu kelulusan. Penentunya adalah nilai akhir, yang merupakan kumulatif antara nilai UN ditambah nilai sekolah.” (umi)

sumber:viva news

0 masukan:

Poskan Komentar

sebelum berkomentar ada baiknya sobat membaca aturan berikut:
+ harap berkomentar bahasa yang sopan
+ jangan berkomentar yang menyinggung SARA'
+ jangan berkomentar yang berbau pornografi
jika tidak memenuhi ketentuan di atas komentar sobat tidak akan ditampilkan. Terima kasih sebelumnya