Mangaka dibalik Kesuksesan Naruto
Masashi Kishimoto pertama bekerja
sebagai mangaka dengan menciptakan karyanya yang berjudul Karakuri.
Karyanya tersebut ia kirimkan ke Shueisha pada tahun 1995. Hal ini
membuatnya mendapatkan Weekly Shonen Jump’s Monthly “Hot Step Award”
pada tahun 1996 yang diberikan kepada mangaka baru yang karyanya
menjanjikan. Kemudian kariernya diikuti versi uji coba dari NARUTO pada
tahun 1997 yang diterbitkan pada musim panas di Akamaru Jump.
Pada tahun 1998, Masashi Kishimoto
sebagai mangaka pemula di Weekly Shonen Jump menerbitkan serial Karakuri
namun ternyata tidak populer dan dibatalkan segera. Pada tahun 1999,
versi serial dari NARUTO mulai dipublikasi di Weekly Shonen Jump, dan
dengan cepat menjadi hits.
Naruto saat ini masih berlanjut dengan
lebih dari 58 volume dan lebih dari 50 jilid telah dirilis dalam bahasa
Inggris, kemudian terjual lebih dari 100 juta kopi di Jepang dan lebih
dari 95 juta eksemplar terjual di Amerika Serikat yang diikuti lebih
dari 93 juta kopi di seluruh dunia (di luar Jepang dan Amerika Serikat).
Sebagian dari volume 36, juga diadaptasi menjadi dua anime sukses. Seri
manga NARUTO telah menjadi salah satu karya dengan penghasilan terbesar
bagi Viz Media yaitu hampir sebesar 10% dari seluruh penjualan manga di
tahun 2006. Volume ke-tujuh dari Naruto yang dirilis oleh Viz Media
menjadi manga pertama yang memenangkan Quill Award untuk penghargaan
sebagai “Novel Grafis Terbaik” pada tahun 2006.
Pada tahun 2009 Masashi Kishimoto
merancang sebuah kostum tambahan untuk karakter Lars Alexandersson untuk
Tekken 6 dan di tahun 2010 karakter ini muncul di Naruto Shippuden:
Ultimate Ninja Storm 2 sebagai bagian dari promosi. Pada tahun 2010
Masashi Kishimoto juga menghasilkan sebuah manga one-shot baseball
(Bench) sebagai bagian dari Jump’s “Top Legend Super” project sebuah
seri dari six one-shot manga, dari para artist manga Shonen Jump, yang
juga menampilkan Sorachi Hideaki, Konomi Takeshi, Ususta Kyosuke,
Akimoto Osamu dan Akira Toriyama.
PENGARUH
Pada waktu masih anak-anak Masashi
Kishimoto menikmati membaca manga, ia terinspirasi untuk menulis sendiri
setelah melihat gambar promosi untuk film Akira. Hal ini membuatnya
menganalisis karya seni penulis asli Akira, Katsuhiro Otomo, serta Akira
Toriyama, artis lain yang ia kagumi. Menyadari keduanya memiliki gaya
mereka sendiri dalam desain gambar, Masashi Kishimoto memutuskan untuk
menggambar manga sambil memcari ciri khas dan gaya gambarnya sendiri.
Awalnya ketika Masashi Kishimoto
menciptakan serial Naruto, dia melihat manga lainnya di Shonen untuk
pengaruh sambil mencoba untuk membuat karakter seunik mungkin. Masashi
Kishimoto menyatakan bahwa seri Dragon Ball-nya Akira Toriyama sebagai
salah satu pengaruh. Baginya Goku, tokoh protagonis dari Dragon Ball,
adalah faktor kunci dalam membuat Naruto Uzumaki karena kepribadiannya
yang energik dan nakal.
Ketika mendesain tiga karakter untuk
seri Naruto, Masashi Kishimoto dipengaruhi oleh The Matrix, salah satu
film favoritnya sebagai inspirasi untuk membuat pakaian. Ia juga
mengutip Yoshiro Togashi sebagai salah satu penulis manga favoritnya
sementara manga Sasuke oleh Shanpei Shirato, sebuah seri yang disukai
oleh Masashi Kishimoto adalah inspirasi dalam pengembangan karakter
Sasuke Uchiha.
Ketika menggambar karakter, Masashi Kishimoto mengikuti lima langkah proses konsisten berikut:
- Konsep dan sketsa kasar
- Membuat draft
- Penintaan
- Pemberian bayangan
- Dan pewarnaan
Langkah-langkah ini diikuti ketika
Masashi Kishimoto menggambar manga yang sebenarnya dan ketika membuat
ilustrasi berwarna yang sering menghiasi sampul depan tankobon, cover
dari Weekly Shonen Jump atau media lainnya. Tetapi untuk peralatan yang
digunakan, Masashi Kishimoto sering bergonta-ganti. Sebagai contoh, ia
memanfaatkan media air brush untuk satu ilustrasi sampul Weekly Shonen
Jump namun kemudian tidak menggunakannya lagi karena masalah kebersihan
yang cukup merepotkan.
Tahukah kamu?
- Saat kecil, Masashi Kishimoto sangat suka menonton anime. Salah satu kegemarannya adalah serial anime Doraemon.
- Waktu memasuki Sekolah Menengah Pertama, Masashi Kishimoto hampir tidak pernah menggambar karena perhatiannya teralihkan oleh Baseball
- Masashi Kishimoto mempunyai adik kembar bernama Seishi Kishimoto yang telah menelurkan karya berjudul: O-Parts Hunter / 666 Satan.
- Ketika bersekolah pun Masashi Kishimoto lebih suka menggambar ketimbang menyimak pelajaran.
- Pada suatu hari ia menyaksikan anime Mobile Suit Gundam. Kishimoto mulai mengalihkan gambarnya dari karakter Doraemon yang simpel dan jenaka menjadi gambar Gundam yang lebih kompleks dan sangar.
0 masukan:
Posting Komentar
sebelum berkomentar ada baiknya sobat membaca aturan berikut:
+ harap berkomentar bahasa yang sopan
+ jangan berkomentar yang menyinggung SARA'
+ jangan berkomentar yang berbau pornografi
jika tidak memenuhi ketentuan di atas komentar sobat tidak akan ditampilkan. Terima kasih sebelumnya