Rabu, 04 Juli 2012

Mengapa Langit Berwarna Biru




Pada hari cerah, sangat mudah bagi kita semua untuk menebak warna langit itu apa... semua orang pasti setuju dan dengan jawaban yang mantap akan menjawab langit berwarna biru. ya, kita semua tahu bahwa langit itu berwarna biru, namun apakah dari diri anda ada pertanyaan dan bertanya-tanya Mengapa langit berwarna biru??




sebagai langkah awal, perlu kita ketahui bahwa cahaya matahari yang tampak putih sebenarnya terdiri dari berbagai warna pelangi.


Prisma adalah kristal berbentuk khusus. Ketika cahaya putih bersinar melalui prisma, cahaya dipisahkan menjadi semua warna. dari banyak warna yang terlihat, ternyata gelombang warna birulah yang terpendek

Semua cahaya bergerak dalam garis lurus kecuali kerena adanya sesuatu yang menyebabkan cahaya akan :

      dipantulkan (seperti cermin)
       dibelokkan (seperti prisma)
       atau disebarkan (seperti molekul gas di atmosfer)

Sinar matahari mencapai atmosfer bumi dan tersebar di segala arah oleh semua gas dan partikel di udara. Cahaya biru yang tersebar di segala arah oleh molekul kecil udara di atmosfer Bumi. warna biru tersebar lebih dari warna lain karena perjalanan sebagai pendek, gelombang yang lebih kecil. Inilah sebabnya mengapa kita melihat langit biru sebagian besar waktu.

0 masukan:

Poskan Komentar

sebelum berkomentar ada baiknya sobat membaca aturan berikut:
+ harap berkomentar bahasa yang sopan
+ jangan berkomentar yang menyinggung SARA'
+ jangan berkomentar yang berbau pornografi
jika tidak memenuhi ketentuan di atas komentar sobat tidak akan ditampilkan. Terima kasih sebelumnya